Selasa, 29 Oktober 2013

Proposal Usaha



BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang Masalah

Pada saat ini banyak bermunculan berbagai macam peluang usaha makanan di Bidang Kuliner dengan kualitas yang terjamin baik. Perusahaan ini mempunyai ide bisnis untuk turut serta meramaikan aneka makanan dengan menciptakan kreasi baru dalam produk hidangan berupa Pasta Fusilli.
Sekarang ini banyak masyarakat yang ingin mencari makanan berkualitas dan halal dengan kandungan karbohidrat yang cukup untuk sekedar menahan rasa lapar atau pengganti makanan pokok seperti nasi, kentang dan lain-lain.
Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai seler


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Ruang Lingkup Usaha

            Berdasarkan pada pandangan dan data dari kehidupan sehar-hari, banyak makanan yang dijual dipasaran tidak higienis dengan harga yang cukup mahal, sehingga perusahaan kami berinovasi membuat makanan yang terjaga kualitasnya, bergizi, serta memiliki harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

2.2 Identifikasi usaha

No.
Nama Perusahaan
Fusilicious
1
Bidang Usaha
Kuliner
2
Jenis Produk/Jasa
Pasta Fusillicious
3
Alamat Perusahaan
Jl. Kalimalang Raya No.1
4
Nomor Telepon
-
5
NPWP
-
6
Mulai Berdiri
01 Oktober 2013

2.3 Struktur Organisasi
No.
Nama
Ismi Nurarini
1
Jabatan
CEO
2
Tempat Tanggal Lahir
Palembang, 21 November 1994
3
Alamat
Jl. Jati Makmur Pondok Gede Bekasi
4
No. Telepon
081380780000
5
Alamat E-mail
isminurarini23@gmail.com
6
Pendidikan
SMA









Tugas CEO :
  • Pemilik sekaligus pimpinan
  • Bertanggung jawab teradap jalannya usaha
  • Koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
  • Pengambil keputusan

No.
Nama
Viola Carera
1
Jabatan
Financial Manager
2
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 23 Februari 1994
3
Alamat 
Jl. Kalimalang Raya Bekasi
4
Nomor Telepon
081266789909
5
Alamat E-mail
violacarera@yahoo.com
6
Pendidikan
SMA

Tugas Financial Manager :
  • Kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
  • Melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
No.
Nama
Zinny Azularini
1
Jabatan
Production Manager
2
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 01 Oktober 1994
3
Alamat
Jl. Jati Bening Bekasi
4
Nomor Telepon
085709990022
5
Alamat E-mail
Zinny01@yahoo.com
6
Pendidikan 
SMA

Tugas Production Manager :
  • Kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya
  • Bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
  • Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
  • Menjaga kebersihan produk dalam proses produksi


 
PENGEMBANGAN USAHA

a.       Keunikan Produk dan Pelayanan
         Produk yang perusahaan hasilkan mempunyai perbedaan dari produk pasta lainnya. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Perusahaan kami juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dengan memberikan beberrapa kemudahan bagi konsumen dalam pemesanannya yaitu dengan adanya system delivery order.

b.      Prospektif Usaha kedepan
      Jika produk dari perusahaan kami mulai berkembang, perusahaan kami akan memperluas daerah penjualan maupun pemasaran keberbagai daerah sehingga memudahkan para konsumen untuk membel produk perusahaan kami.

c.       Situasi Persaingan
       Seiring dengan adanya berbagai kemajuan tekhnologi yang semakin canggih,akan membuat para pesaing memiliki ide dan kreasi dalam mengembangkan produk. Namun dengan adanya hal tersebut, mendorong perusahaan kami untuk terus maju dalam menciptakan ide-ide baru dalam produknya.

d.      Target Pasar atau Konsumen yang dituju
    Perusahaan kami akan menawarkan produknya ke semua kalangan, khususnya di kalangan mahasiswa di Universitas Gunadarma. Produk ini juga akan dipasarkan ataupun dipromosikan dengan memanfaatkan media social seperti twitter ataupun facebook untuk lebih memudahkan konsumen dalam mengenal produk yang kami jual.



BAB III
ANALISA PEMASARAN


3.1 Produk / jasa yang dihasilkan
            Keistimewaan dari Pasta Fusilli :
  •  Bahan yang digunakan kualitas terbaik
  • Menggunakan saus olahan sendiri
  • Adanya system Delivery Order untuk pembelian minimal 30pcs
 3.2 Bauran Pemasaran / Analisi 4P

a. Produk
  • Type                   :  Kuliner
  •  Brand                 :  Pasta Fusilli
  • Kualitas  :  Enak dan Bergizi
  • Packing  :  Plastik Mika
 b. Price
          Price         :  Rp. 7000,-/pcs

c. Promotion
·                     Advertising     :  Media social
·                     Pesonal selling : Menjual langsung kepada konsumen

d.   Place                          
Place    :  Kampus Gunadarma Kalimalang, lingkungan rumah dan sekitarnya.

3.3 Target dan Segmentasi Pasar

a. Geografi
   Pasta ini akan di pasarkan di sekitar kampus Gunadarma Kalimalang maupun sekitarnya.
b.  Demografi
    Pasta ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dengan harga yang terjangkau
  

3.4    Strategi Pasar
·           Perkenalan bisnis pada masyarakat 
            Perusahaan kami akan menawarkan produk yang memiliki brand “Pasta Fusilli” ini kepada semua kalangan dengan harga yang terjangkau.
·         Menciptakan inovasi pada desain yang di tawarkan dengan keistimewaan rasa.
·         Meningkatkan kualitas pelayanan
            Perusahaan akan mempromosikan produk ini tidak hanya secara langsung namun juga dengan memanfaatkan media social seperti facebook ataupun twitter

3.5     Rencana Permodalan

Biaya Baku                       : Rp. 214.000,-
Biaya Penolong                 : Rp.   35.000,-
Total biaya Produksi         : Rp. 249.000,-

Biaya Cetak laporan          : Rp.   3.000,-
Biaya ADM                      : Rp.   8.000,-
Biaya Paket Internet             : RP. 100.000,-
Biaya Akomodasi                 : Rp.   40.000,-
Total Biaya Operasional    : Rp.151.000,-

Harga potong produksi adalah :
Pasta Fusilli Rp. 249.000 + Rp. 151.000,- = Rp. 400.000 : 100 = Rp. 4000,-/pcs
Harga jual perpcs Pasta : Rp. 7.000

3.6 Penentuan Harga Jual 
             Perkiraan laba yang diharapkan : Rp. 7.000 – Rp. 4.000 = Rp. 


BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH


4.1 SWOT dan TOWS

SWOT / TOWS MATRIX
PASTA FUSILLI
STRENGTH ( Kekuatan )
1.    Memiliki SDM yang handal.
2.    Memiliki tampilan yang menarik.
3.    Harga relatif terjangkau.
WEAKNESS (Kelemahan)
1.    Terbatasnya SDM.
2.    Produk belum dikenal konsumen.
3.    Makanan yang tidak tahan lama.
OPORTUNITIES ( Peluang )
1.    Dengan harga yang terjangkau dapat meraih laba yang tinggi.
2.    Perilaku masyarakat Indonesia yang konsumtif.
S.O
1.         Memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas.
2.         Memberikan harga promo dan strategi penjualan.

W.O
1.         Menambah SDM  jika diperlukan.
2.         Menggunakan kemasan yang tahan panas
THREATS (Ancaman)
1.      Banyaknya pesaing yang sejenis.
2.      Selera konsumen yang berubah-ubah.
3.      Harga bahan baku naik.
S.T
1.       Memberikan varian rasa yang berbeda
W.T
1.       Menambah kapasitas produksi.
2.       Mempertahankan keorisinilan rasa.





BAB V
KESIMPULAN

            Pasta fusilli ini termasuk dalam kategori western food yaitu makanan olahan dari luar negeri. Namun, perusahaan kami optimis bahwa penjualan pasta ini akan diminati oleh semua kalangan masyarakat karena keistimewaan rasanya dan harganya yang terjangkau.
            Produk yang perusahaan kami jual memiliki keistimewaan dalam pengolahan sausnya dengan menggunakan bahan-bahan pilihan alami dan tanpa bahan pengawet.