a. Profil
atau sejarah UMKM
Di tangan Onih Suhartini, buah pisang disulap menjadi jajanan unik
bernilai jual tinggi. Bertempat di Jalan Raya Sukaraja, Gang Mesjid, Sukabumi,
Jawa Barat, bolu pisang buatannya mampu memikat hati banyak pelanggan. Tidak
cuma bolu pisang, wanita berkaca mata juga itu mampu mengembangkan usaha dengan
membuat puluhan ragam kue. Usaha
yang ia rintis sejak 1988 dapat terus bertahan di tengah menjamurnya kompetitor
sejenis.
Awalnya, Ibu Onih memulai usahanya ini dari hobinya
membuat kue. Dengan menitipkan satu hingga dua kotak kue di warung-warung
terdekat dan namanyapun mulai terkenal. Akibatnya berbagai pesananpun mengalir
sehingga Ibu Onih mampu membuat kios sendiri di rumahnya. Sekarang cabang
usahanya sudah terdapat di banyak tempat, terutama di daerah Jawa Barat seperti
Bandung, Bogor, Sukabumi, Tangerang dan juga terdapat beberapa cabang di
Jakarta. Cabang kiosnya sudah lebih dari 10 cabang. Walaupun harga bahan dasar
kue tersebut naik, tetapi Ibu Onih tetap mempertahankan harga kuenya, Karena
kepuassan pelanggan adalah nomor satu. Bolu {isang Ibu Onih pun tidak
mengandung bahan pengawet. Ini dilakukan agar rasa asli kue tetap terjaga dan
mampu bertahan selama satu minggu.
b. Visi
dan Misi Usaha
Visi
dalam usaha Bolu Pisang Ibu Onih ini yaitu bias lebih mengembangkan usahanya
ini ,serta mampu membuka cabang-cabang baru agar pelanggan diluar Jawa Barat
dapat dengan mudah membeli kue ini.
Misi
nya yaitu dengan tetap mempertahankan harga kue walaupun harga bahan dasar
naik, yang paling terutama yaitu tetap mepertahankan rasa khas kuenya dan tidak
memakai bahan pengawet serta berusaha untuk memberikan kepuasan kepada konsumen
agar dapat menemukan cabang yanga da di luar Jawa Barat.
c. Kapasitas
Produksi
Usaha Bolu Pisang Ibu Onih ini
dalam seharinya mampu membuat puluhan kue di tiap cabangnya. Sedangkan jika ada
pesanan dari pelanggan, Ibu Onih mampu memproduksi hingga ratusan kotak kue
Bolu Pisang ini.
d.
Teknologi yang di gunakan
Dalam proses pembuatannya, Ibu
Onih menggunakan beberapa alat dalam proses pembuatannya. Yang terutama yaitu
mixer dan Open Listrik dalam pembuatannya. Sedangkan untuk melakukan proses
pemasaran, Ibu Onih memanfaatkan Internet untuk proses pemasarannya agar lebih
memudahkan pelanggan.
e. Kendala
Produksi
Ada
beberapa kendala dalam proses produksinya. Diantaranya dalam penggunaan bahan
dasarnya yaitu pisang. Karena pisang didapatkan langsung dari Sukabumi, maka
dalam proses pengirimannya membuat sedikit kendala dalam proses produksinya.
f.
Pemasaran
Cara pemasaran yang dilakukan
oleh Ibu Onih awalnya hanya dari mulut kemulut saja, namun dengan adanya
kemajuan teknologi Ibu Onih mencoba memperkenalkan usahanya ini melalui
internet. Daerah pemsarannya pun tidak hanya di Provinsi Jawa Barat saja, namun
sudah memiliki cabang di berbagai daerah seperti Jakarta, khususnya terdapat di
Jl. Raya Penggilingan No 48 Jakarta Timur.
g.
Banyaknya Karyawan dan
Perkembangan Omset
Karyawan yang terdapat dalam
usaha ini sudah mencapai puluhan orang yang masing-masing tersebar di setiap
cabangnya. Serta mampu menghasilkan omset yang cukup tinggi dengan terjualnya
banyak kue setiap harinya.
h.
Kiat-kiat Usaha
Seorang wirausaha terkadang
mengalami beberapa kendala dalam menciptakan usaha, diantaranya yang terutama
yaitu modal. Namun bagi seorang wirausaha yang baik dan sukses, modal bukanlah
menjadi kendala dalam berwirausaha. Usaha Bolu Pisang ini membagikan kita
beberapa tips tentang bagaimana kiat kiat dalam berwirausaha, diantaranya :
a)
Ambisi
( aku daku )
b)
Kemauan
/ niat untuk tetap mempertahankan cita rasa kue tersebut
c)
Usaha
dan Doa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar