Jumat, 21 Maret 2014

Etika dalam Berkomunikasi

     
     Dalam berkomunikasi, dibutuhkan adanya berbagai macam aturan-aturan ataupun etika agar dalam berkomunikasi topik yang disampaikan mudah dipahami dan tidak menyinggung perasaan lawan bicara. Secara umum, ada beberapa etika yang harus dipatuhi saat bekomunikasi. seperti halnya dalam bahasa inggris ,etika komunikasipun harus mengandung unsur 5W+1H yaitu :
a. Who (Siapa)
     Sebelum kita melakukan komunikasi dengan lawan bicara, hendaknya kita mengetahui dengan siapa kita berbicara sehingga kita dapat menyesuaikan diri kita terhadap lawan bicara. Suara, gerak tubuh dan pandangan matapun hendaknya diperhatikan agar lawan bicara merasa dihargai dan mengerti tentang informasi yang telah kita sampaikan.
b. What (Apa)
     Setelah kita mengetahui dengan siapa kita berbicara, hendaknya kita menyesuaikan dengan apa yang akan kita bicarakan dengan lawan bicara. Sehingga pembicaraan dengan lawan bicara tidak keluar dari inti pembicaraan.
c. Where (Dimana)
     Dalam melakukan pembicaraanpun hendaknya kita harus memperhatikan dimana kita berbicara dengan lawan bicara kita sehingga kita mendapatkan posisi yang tepat dengan topik pembicaraan yang akan diperbincangkan di tempat tersebut.
d. When (Kapan)
    Waktu merupakan suatu hal yang penting dalam berkomunikasi. Tidaklah mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Hal ini terjadi karena kita tidak mengetahui kapan lawan bicara kita bisa meluangkan waktunya dan melepaskan kesibukannya untuk berkomunikasi degan kita. Apabila kita salah dalam memilih waktu, pembicaraan akan menjadi tidak efektif bahkan bisa menyebabkan suatu kegagalan.
e. Why (Mengapa)
   Dalam hal ini, hendaknya kita mengetahui tujuan mengapa kita melakukan pembicaraan dengan lawan bicara kita agar suasana berkomunikasi dapat berjalan dengan baik.
f. How (Bagaimana)
    Dalam berkomunikasi, kita harus mengetahui bagaimana kita melakukan pembicaraan dan bagaimana tata cara kita dalam berbicara sehingga lawan bicara dapat mengetahui bahwa kita yang yang mengajak nya berbicara mempunyai etika dalam melakukan pembicaraannya.

     Etika berkomunikasi selalu dihadapkan dengan berbagai masalah, yaitu antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawab terhadap pelayanan publik .Etika berkomunikasi dalam kehidupan sehari-haripun harus memiliki beberapa aturan ataupun etika didalamnya ,antara lain :
a. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai dengan keadaan saat berkomunikasi
b. Bertutur kata yang baik ,ramah dan sopan.
c. Tidak mudah emosional 
d. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
e. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien.






Sumber :
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar