Keberhasilan komunikasi dalam suatu organisasi merupakan suatu aset penting bagi pencapaian sasaran dan tujuan dari suatu organisasi. Keberhasilan komunikasi yang tercermin dalam efektivitas dan efisiensinya merupakan alat perekat organisasi yang juga mempengaruhi nama baik (goodwill) organisasi yang bersangkutan.
Ukuran dalam keberhasilan suatu ekonomi bisnis antara lain sebagai berikut :
a. Informasi yang disampaikan harus jelas dan akurat
b. Dapat mengajak orang lain untuk mendengarkan informasi yang disampaikan dan menyentuh perasaanya
c. Informasi yang disampaikan harus dapat mengejutkan audience
d. Adanya kecocokan antara komunikator dan audience
e. Adanya kemampuan komunikator dalam mengendalikan audience saat berkomunikasi
Dalam menentukan keberhasilan suatu komunikasi bisnis, di perlukan adnaya pemahaman terlebih dahulu tentang pentingnya komunikasi dalam bisnis di ruang lingkup organisasi. Komunikasi bisnis memiliki ruang lingkup yang lebih kompleks dibandingkan dengan komunikasi individu. Komunikasi bisnis umumnya bersifat resmi karena dalam prakteknya berkomunikasi dalam bisnis membutuhkan alat-alat dalam berkomunikasi seperti internet, komputer, memo, laporan dan lain-lain.
Dalam komunikasi bisnis ada beberapa hambatan dalam pencapaiannya, antara lain :
a. Adanya perbedaan kepentingan
b. Adanya perbedaan bahasa dan kultur
c. Terlalu banyak informasi yang disampaikan
d. Salah pengucapan kata atau istilah karena terlalu cepat berbicara
e. Terdapat kesalahan dalam pemilihan media
Dari adanya hambatan-hambatan tersebut, dilakukan berbagai macam upaya untuk mengatasinya yaitu :
a. Mengecek arti atau maksud yang dismapaikan
b. Meminta penjelasan yang lebih lanjut
c. Mengecek umpan balik atau hasil
d. Mengulangi pesan yang disampaikan dengan bahasa isyarat
e. Membuat pesan secara sigkat, jelas dan tepat
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar