Jumat, 17 Mei 2013

Ekonomi








Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang di kembangkan pada abad ke-18 oleh seorang ahli ekonom yang bernama Adam Smith yang kemudian di kembangkan kembali oleh tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall,J.M. Keynes, Karl Marx, hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006, Edmund Phelps.
Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang aktivitas manusia mengenai produksi, distribusi dan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengertian ilmu ekonomi dibagi menjadi dua ,yaitu :
ü  Ekonomi mikro ,yaitu ilmu ekonomi yang mempelajari masalah ekonomi dalam ruang lingkup kecil seperti prusahaan dan rumah tangga .
ü  Ekonomi makro ,yaitu ilmu ekonomi yang mempelajri seluruh kegiatan ekonomi .
Ilmu ekonomi sangat penting di pelajari disebabkan karena dengan menguasai ilmu ekonomi kita dapat belajar bagaimana mempergunakan sumber daya yang semakin langka, untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat, sehingga sumber daya tersebut dapat digunakan secara efisien.
Didalam kegiatan ekonomi terdapat beberapa pelaku kegiatan ekonomi, yaitu :
ü  Rumah tangga keluarga/ Rumah tangga konsumsi, merupakan unit ekonomi yang paling kecil. Rumah tangga konsumsi adalah pemilik atau penyedia jasa dari berbagai factor produksi yang kemudian akan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya. Rumah tangga konsumsi berperan sebagai konsumen dan pemilik barang produksi.
ü  Perusahaan, merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh satu atau beberapa orang yang bertujuan untuk menghasilkan brang dan jasa. Perusahaan berperan sebagai produsen (menghasilkan barang dan jasa), pengguna factor produksi (menggunakan factor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa), agen pembangunan (membantu pemerintah dalam proses pembangunan)
ü  Pemerintahan, berperan sebagai pengatur (mengatur stabilitas kegiatan perekonomian), konsumen (membutuhkan barang dan jasa dalam melaksanakan tugasnya), produsen (menghasilkan barang dan jasa melalui BUMN dan BUMD)
ü  Masyarakat luar negeri, berperan dalam proses perdagangan, pertukaran tenaga kerja, penanaman modal, pemberian pinjaman, dan pemberian bantuan.



sumber :
ismiarini.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar