Minggu, 08 Juni 2014

Alat Komunikasi Tradisional


Ada beberapa contoh alat komunikasi tradisional, diantaranya :
1.      Surat
      Surat Menyurat di Indonesia sudah ada sejak jaman Kerajaan Mulawarman, Sriwijiaya, Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Majapahit. Masuknya agama Budha dan Hindu memicu budaya menulis dan surat menyurat. Namun, biasanya hanya dilakukan antara bangsaawan dan biarawan. Bentuknya sederhana, menggunakan batu, kayu, kulit, bambu atau lontar dan menggunakan bahasa sansekerta.
2.      Merpati Pos
      Merpati Pos merupakan alat komunikasi dengan menggunakan burung merpati sebgai mengantar surat atau pesan. Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan naluri ilmiah untuk kembali ke sarang. Metode ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati.
3.      Lonceng
      Lonceng adalah suatu alat sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi. Bentuknya biasanya adalah sebuah tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema saat dipukul. Alat untuk memukul dapat berupa pemukul panjang yang digantung didalam lonceng tersebut atau pemukul yang terpisah.
4.      Kentongan
      Dalam masyarakat modern, kentongan dijadikan sebagai salah satu alat yang efektif untuk mencegah demam berdarah. Dengan kentongan, monitoring terhadap pemberantasan sarang nyamukpun dilakukan. Dalam masyarakat tani, seringkali menggunakan kentongan sebagai alat untuk mengusir hewan yang merusak tanaman dan padi warga.
5.      Bedug
Bedug merupakan instrument music tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. 
6.      Prasasti
      Prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga dan sebgainya. Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orosinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar