Minggu, 08 Juni 2014

Jenis Media Komunikasi


            Media komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain, untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Menurut jenisnya, media komunikasi dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu :
1.      Media Komunikasi Audio
      Media komunikasi audio yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Misalnya :
a.       Telepon
Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon. Sesuai dengan namanya, telepon berasal dari bahasa yunani yaitu Tele yag berarti jauh dan Phone yang berarti suara.
b.      Radio
Radio adalah alat komunikasi yang mengirmkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
c.       Telepon Bergerak
Telepon bergerak atau biasa disebut handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Telepon bergerak merupakan gabungan dari teknologi telepon hasil penemuan Alexander Graham Bell (1876) dengan teknologi radio hasil penemuan Guglielmo Marconi (1894). Kedua teknologi ini digabungkan dan jadilah telepon dengan sinyal suara yang dilewatkan melalui gelombang radio. Karena bersifat nirkabel, maka telepon tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi bergerak.
2.      Media Komunikasi Visual
      Media Komunikasi Visual yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan. Misalnya surat, transparansi, chart atau grafik.
3.      Media Komunikasi Audio Visual
Media Komunikasi Audio Visual yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengar. Misalnya :
a.       Televisi
Televisi adalah system telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinya elektronik melalui kabel dan serat optic yaitu dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
b.      Internet
Internet adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar Sistem Global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.
c.       DVD
DVD adalah sejenis cakram optic yang dapat digunakan untuk menyimpan data termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.


Sumber :

·         Netikkomunikasi.blogspot.com/?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar