Komunikator adalah pihak yang
mengirim pesan kepada khalayak. Komunikator biasa disebut pengirim, sumber,
source atau encoder. Sebagai pelaku utama dalam proses komunikasi, pemimpin
adalah seorang komunikator dalam sebuah perusahaan, pemimpin memegang peranan
penting dalam perusahaan, terutama dalam mengendalikan jalannya komunikasi.
Untuk itu, seorang pemimpin sebagai
komunikator harus terampil berkomunikasi, dan juga kaya ide serta penuh daya
kretivitas.Untuk mencapai komunikasi yang baik, seorang pemimpin juga harus
memiliki kepercayaan, kemampuan, kejujuran, keramahan, serta daya tarik.
a. Kepecayaan
(Credibility)
Kredibilitas ialah seperangkat persepsi
tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki sumber sehingga diterima atau diikuti
khalayak (penerima). Gobbel, Menteri Propaganda Jerman dalam Perang Dunia II
menyatakan bahwa, untuk menjadi seorang komunikator yang efektif harus memiliki
kredibilitas yang tinggi.
Kredibilitas menurut Aristoteles, bisa
diperoleh jika seorang komunikator memiliki ethos, pathos, dan logos. Ethos
adalah kekuatan yang dimiliki pembicara dari karakter pribadinya, sehingga
ucapan-ucapannya dapat dipercaya. Pathos adalah kekuatan yang dimiliki seorang
pembicara dalam mengendalikan emosi pendengarnya, sedangkan logos adalah
kekuatan yang dimiliki komunikator melalui argumentasinya.
b. Kejujuran
Kejujuran adalah salah satu faktor untuk
menumbuhkan sikap percaya. Sebagai komunikator atau pemimpin kita harus jujur
mengungkapkan diri kita kepada bawahan. Kejujuran adalah awal dari kepercayaan,
kejujuran juga menyebabkan perilaku kita dapat diduga oleh orang lain
c. Kemampuan
Kemampuan adalah kapasitas/sifat individu
yang dibawa sejak lahir atau dipelajari yang memungkinkan seseorang untuk
melakukan/menyelesaikan barbagai macam tugas dan pekerjaan.
d. Daya
tarik (attractivness)
Daya tarik adalah salah satu faktor yang
harus memiliki oleh seorang komunikator selain kredibilitas. Faktor daya tarik banyak
menentukan berhasil tidaknya komunikasi pendengar atau pembaca bisa saja
mengikuti pandangan seorang komunikator.
e. Keramahan
Keramahan adalah salah satu faktor yang
harus dimiliki seorang pemimpin atau seorang komunikator dalam menyampaikan
pesan kepada para bawahan sehingga para bawahannya merasa dekat dan nyaman.
Keramahan bisa ditunjukkan dengan senyuman pada saat pemimpin bertemu bawahan
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar