a.
Komunikasi Internal Perusahaan.
Karyawan dibidang produksi perlu
dikomunikasikan perencanaan produk, mulai dari input produk seperti cara
memperoleh bahan baku, dimana memperoleh bahan baku, cara memilih bahan baku, kemudian
bagaimana cara mengolah bahan baku menjadi barang jadi, cara meningkatkan
kualitas produk, cara pengemasan, inovasi model dan sebagainya yang terkait
dengan output produk, komunikasi pelanggan ini dilakukan agar konsumen tertarik
dan mau membeli lagi produk tersebut.
Dengan dikomunikasikannya proses produksi dari hulu sampai ke hilir
kepada karyawan maupun karyawati maka harapannya produk yang dihasilkan oleh
masing-masing karyawan tidak akan
terjadi kesalahan. Dengan demikian, kualitas
produk akan menjadi meningkat dan resiko kesalahan dalam produksi dapat
dihindari. Terhindarnya resiko
kesalahan mengakibatkan terjadi efesiensi pengelolaan biaya penggunaan bahan,
sehingga perusahaan akan lebih banyak menerima keuntungan dan perusahaan dapat
melakukan kesinambungan produk.
Karyawan dibidang produksi perlu
dikomunikasikan kebijakan manajemen dalam meningkatkan penjualan yang dilakukan
oleh divisi lain agar mereka mengetahui pekerjaan divisi lain dengan demikian
mereka bisa memprediksi hubungan pekerjaan
antara divisi produksi dengan divisi-divisi lain.
b. Komunikasi
Eksternal
Secara eksternal Pelanggan merupakan kunci
utama peningkatan pendapatan perusahaan, apabila kita sudah mengetahui bahwa
pelanggan kunci sukses perusahaan maka pelanggan perlu dijaga dan diraih jangan
sampai lepas dari tangan kita.
Untuk menjaga agar pelanggan atau customer
tidak lepas lagi dari tangan kita kebutuhan pelanggan perlu dikomunikasikan
oleh manajemena, komunikasi tersebut meliputi : Pengenalan Produk dilakukan
dengan cara memberikan sentuhan emosional terhadap produk yang dijual seperti
adanya suatu reward kepada konsumen yang loyal, reward tersebut dapat berupa
hadiah atau lainnya.
Pengenalan produk dengan cara menjelaskan
manfaat produk yang dijual, sesuai dengan keinginan pelanggan. Keinginan
tersebut dapat berupa penjelasan bahwa
produk tersebut akan sangat berguna untuk kepentingan perusahaan, kepentingan
keluarga, kepentingan kelompok tergantung jenis produk yang ditawarkan.
Bentuk komunikasi dapat berupa iklan,
reklame, liflet dan lain sebagainya. Iklan tersebut dapat dilakukan melalui
televisi, internet, media cetak, papan reklame. Untuk melakukan komunikasi ini
memang perlu mengeluarkan biaya. Melalui televisi memang perlu membayar fee
promosi kepada televisi, melalui internet ada yang berbayar dan ada juga yang
gratis sangat tergantung pada situs yang kita pasang, melalui media cetak jelas
perlu bayar, papan reklame perlu membayar pajak dan ongkos untuk membuat papan
reklame kepada perusahaan advertising.
Apabila customer mampu kita raih dengan
baik maka peningkatan pendapatan perusahaan akan terus mengalir, manajemen
perusahaan dapat mencari pelanggan lain agar tambah banyak sedangkan pelanggan
lama loyalitasnya dipertahankan.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar