Minggu, 08 Juni 2014

Pengertian Pesan


            Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan atau tulisan yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Pesan merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa gagasan atau pendapat yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk komunikasi yang kemudian diteruskan kepada orang lain atau komunikan.
            Secara umum, jenis pesan terbagi menjadi dua, yakni :
a.       Pesan verbal
      Pesan verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya menggunakan kata-kata, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan apa yang didengarnya. Pesan verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media misalnya seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan pesan verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.
b.      Pesan non-verbal
      Pesan non-verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata secara langsung, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan gerak-gerik, tingkah laku, mimik wajah, atau ekspresi muka pengirim pesan.Pada pesan non-verbal mengandalkan indera penglihatan sebagai penangkap stimuli yang timbul.
      Melalui pesan non-verbal, seseorang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai berbagai macam perasaan orang, baik rasa senang, benci, dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, pesan non-verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan. Bentuk pesan non-verbal antara lain adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, warna dan intonasi suara.
            Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyampaikan pesan/informasi kepada orang lain, antara lain :
a.       Ingat-ingatlah pokok-pokok informasi yang hendak kamu sampaikan.
b.      Sampaikan informasi itu kepada orang lain dengan runtut, baik, dan benar. Runtut, artinya informasi yang disampaikan urut dari awal sampai akhir dan antar informasi saling berhubungan.
c.       Informasi diucapkan dengan jelas dan dengan nada yang meyakinkan.
d.      Pesan harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan kita
e.       Menggunakan bahasa yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar